advertise with ongsono.com
 

Tips Penting Hadapi Ujian Nasional 2013

Posted on Thursday, 31 January 2013


Beberapa bulan lagi Ujian Nasional 2013 ya? Bagaimana kabar persiapan teman-teman kelas 3 SMA menghadapinya?  
Melalui artikel ini, Bahtera-Info akan memberikan beberapa tips untuk menghadapi Ujian Nasional 2013. Menurut perkembangan informasi yang admin ketahui, pada UN 2013 tersedia 20 paket soal. (Nah lo, ada yang siap bikin bocoran untuk 20 paket dalam tempo yang sesingkat-singkatnya? haha)

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTKN7SPG-7-ugXyp5P77EUI6yFNqCOR6BYOHEDAPA_khedwtHjBoQ

Mungkin inilah pendapat yang mainstream di kalangan pelajar dan beberapa bantahannya :

"Wah ada 20 paket soal, bakalan lebih susah dong daripada tahun kemarin."
Lebih susah? Sama aja dong, tahun kemarin ada 5 paket soal, tiap peserta ujian mengerjakan 1 paket soal saja. Tahun sekarang ada 20 paket soal, tiap peserta ujian juga hanya mengerjakan satu paket soal saja. Iya kan?

Nah, langsung saja ini dia beberapa tips untuk menghadapi Ujian Nasional 2013. Kenapa saya bisa memberikan tips? Karena saya termasuk salah satu pelajar di Indonesia yang bisa lulus UN dengan nilai yang lumayan oke tanpa harus mengikuti tradisi yang mainstream di kalangan pelajar.

1. Optimis

 

Ya, optimis. Inilah yang harus melekat dalam diri Anda. Ingat, soal-soal dalam Ujian Nasional rata-rata hanya memerlukan kira-kira 20% skill dari seluruh skill yang telah kita peroleh dari kelas 1 sampai kelas 3. Jadi, rasanya tidak harus bersusah payah untuk lulus.

2. Manfaatkan Latihan Soal

 

Tidak perlu ke toko buku untuk membeli buku soal-soal, kita bisa cari di internet secara gratis. Jika memang memerlukan cara yang praktis, ke toko buku bisa juga menjadi pilihan. Manfaatkan juga try out yang diselenggarakan sekolah atau dinas, disanalah anda bisa mengukur kesiapan anda. Janganlah absen bila lembaga bimbel yang anda ikuti menyelenggarakan try out.

3. Membuat List tentang Materi yang Kurang Dipahami

 

Setelah melakukan tips no. 2 tentu kita akan bisa merasakan materi apa saja yang belum atau kurang kita pahami. Buatlah list dari materi-materi tersebut dan jadikan target dalam belajar. Berkonsultasilah kepada guru dan teman tentang materi-tersebut tersebut.

4. Penuhi Waktu Istirahat Anda dan Batasi Belajar Anda

 

Intinya, istirahat adalah hal yang penting untuk menjaga kebugaran dalam rangka mempersiapkan sesuatu. Optimalkan konsentrasi belajar anda ketika belajar di sekolah dan bimbel. Dan kurangi porsi belajar anda di rumah sehingga bisa mencukupi kebutuhan waktu tidur dan istirahat.

5. Makan Makanan yang Baik bagi Daya Ingat dan Daya Tahan Tubuh

Lebih banyak ingat, lebih baik. Dalam konteks UN, jangan menganggap pemahaman konsep lebih penting dan hapalan bukan prioritas. Karena itu kita butuh nutrisi untuk daya ingat kita. Mengkonsumsi sayuran dan buah berwarna hijau gelap, coklat, dan minum teh atau kopi secukupnya baik untuk daya ingat. Bahkan, menurut penelitian dari eropa dan AS, mangunyah permen karet dapat membantu mengoptimalkan daya ingat. Selain itu, konsumsilah makanan-makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh seperti kacang dan biji-bijian, serta suplemen bila perlu.

6. Berbuat Baik, Berdoa, dan Berserah Diri Kepada Tuhan


"Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Huud : 123)

Read more about Tips Penting Hadapi Ujian Nasional 2013



Related read :

Tips Penting Membeli Printer Agar tidak Mengecewakan
Bingung untuk membeli printer? Berikut ini adalah tips-tips membeli printer. Diharapkan tips ini membantu anda untuk membeli printer dan tidak mengecewakan anda dalam membeli printer. 1.
one hundred Greatest Inner Biceps Tattoos Styles and Tips
Inner Bicep Tattoos Inner biceps are not so uncommon physique part to get tattoo. In reality Inner bicep are greatest location to get tattoo for those who are tiny bit shy to have tattoos but
How to Deal with Stress and Anger Issues: Tips
I never act against to Stress and Anger. But I support you to experience your favorite emotions. If one of your favorite emotions is happiness, yes of-course I support you to find happiness. First of
40+ Stunning Dolphin Tattoo Styles and Tips
It would be safe to bet that there is not a single particular person in this globe who does not adore the sight of a dolphin! This extremely cute animals a smile to anyone's face as they snub