advertise with ongsono.com
 

Tips Bagaimana Berbelanja Online Dengan Aman

Posted on Tuesday, 28 May 2013


Sedikit share cerita lama dari Student-Brains untuk teman-teman student tentang bagaimana berbelanja online yang aman dan terhindar dari kejahatan online (cyber crime) memang  transaksi online banyak terjadi di berbagai website shoponline di dunia.transaksi online sudah menjadi trend di dunia ini alias yang modern transaksi online melibatkan beberapa hal yang sensitif seperti informasi pribadi dan keuangan. Penjahat cyber bisa melancarkan serangannya guna memanfaatkan program jahat untuk memperoleh informasi pribadi dan menggunakannya untuk tujuan yang merugikan pengguna.
tips berbelanja online aman


Melalui siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (16/8/2012), mengungkapkan survei Global Ipsos 2012 yang menunjukkan empat dari sepuluh pengguna internet di Indonesia suka belanja online. Tercatat ada 40 juta pembeli online di Indonesia tahun lalu dan diperkirakan ada 175 juta pembeli onlinedi 2016.
 


Norton Cyber Crime Report 2011 juga mengungkapkan, lebih dari 1 juta orang dewasa di seluruh dunia menjadi korban kejahatan cyber sehari-hari. Laporan itu juga menunjukkan, 7 dari 10 orang dewasa telah menjadi korban kejahatan cyber.
 


Untuk menghindari serta meminimalisir dampak buruk yang terjadi akibat ulah pelaku kejahatan cyber, software keamanan Norton meluncurkan tips yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukan aktivitas belanja online:
 


1. Gunakan Kredit Bukan Debit


Jika Anda kebetulan menjadi korban scam, perusahaan kartu kredit Anda mungkin bisa membalikkan tuduhan jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda telah menjadi korban. Sedangkan dengan kartu debit, uang tersebut sudah hilang dan kecil kemungkinan uang Anda dapat diganti.
 


2. Waspada Terhadap Email Massal


Seringkali ketika email yang Anda dapatkan di PC atau ponsel mobile adalah surat massal yang mencoba untuk menggapai Anda agar membeli. Namun, jika Anda memilih untuk tidak membeli dari perusahaan yang mengirimkan spam, Anda telah menyelamatkan diri Anda dari suatu masalah.
 

3. Berhati-hatilah Terhadap Website Palsu


Pastikan Anda mengakses website yang asli. Lihat apakah terdapat perbedaan pada logo perusahaan tersebut. Apakah ada kesalahan tata bahasa dalam teks yang Anda baca? Norton menyarankan perangkat lunak Norton Safe Web. Aplikasi tersebut dapat memperingatkan Anda terhadap websiteyang tidak aman bahkan sebelum Anda sampai pada website tersebut. 
Norton Safe Web juga mampu memberitahu Google, Bing dan mesin pencari Yahoo bahwa websiteyang Anda kunjungi bukan sebuah website yang aman. Norton Safe Web juga akan memberitahu Anda tentang situs penjualan online yang mencurigakan atau jika sebuah website yang telah di-downloadadalah website berbahaya.
 


4. Lindungi Kegiatan Jaringan Sosial Media Anda


Facebook memiliki jutaan pengguna dan ini berarti bahwa penjahat cyber terus-menerus mencari cara untuk menyusup ke jaringan tersebut untuk mencuri identitas orang dan informasi pribadi. Jika anda memiliki akun di Facebook, pastikan telah terpasang software Norton Safe Web gratis untuk Facebook.
 


5. Tetap Tenang dan Gunakan Akal Sehat Anda


Sebagian besar website dan email benar-benar aman dari bahaya. Namun ada penjahat cyber di luar sana yang memanfaatkan waktu liburan tahun ini dengan melancarkan aksi penipuan dan aktivitas ilegal di Internet. Karena umumnya beberapa pengguna akan melakukan aktivitas belanja online selama liburan, berhati-hatilah dan gunakan penilaian terbaik Anda, sehingga Anda dapat terhindar dari jerat tipu pelaku kejahatan cyber.

Nah,berikutlah senjata alias tips ampuh dalam berbelanja online dengan aman.Semoga teman-teman dapat banyak ilmu dari blog ini amin :).Keep Spirite ! 

sumber : okezone.com

Read more about Tips Bagaimana Berbelanja Online dengan Aman
People come to this page is interested on : content



Related read :

Tips Membeli ATK secara Online dan Memulai Bisnis ATK dengan Aman
Tips Membeli ATK secara Online dan Memulai Bisnis ATK dengan Aman Seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan di Indonesia, kebutuhan akan ATK juga semakin meningkat. Faktanya, dunia pendidikan
Tips Aman dan Nyaman Melakukan Perjalanan Jauh Dengan Bus
Bagi yang suka perjalanan jauh perlu nih tahu tips aman dan nyaman, bila  melakukan perjalanan jauh dengan Bus. Ah, bukannya bus itu sama saja, apalagi banyak pilihan dan
Tips Belanja Aman di Toko Buku Online
Info Gemantik - Tip Belanja Aman di Toko Buku Online. Berbelanja dengan praktis tanpa harus meninggalkan tempat duduk kita nampaknya akan semakin menjamur bahkan menjadi budaya bagi masyarakat modern.
Tips Aman Berboncengan dengan Wanita
Setelah sebelumnya admin membahas tentang tips aman berboncengan, kali ini lebih fokusnya ke tips aman berboncengan dengan wanita, dimana wanita itu identik dengan kebersihan. Jadi bagi anda yang