advertise with ongsono.com
 

Mujahadah Adalah Kunci Keberhasilan

Posted on Tuesday, 11 July 2017


Mujahadah berasal dari kata "Jahada" yang dapat diartikan jihad (perjuangan secar otot), ijtihad (perjuangan secara otak). Allah berfirman dalam surt Al-Ankabuut ayat 69 yang artinya: "Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang baik."

Dalam surat Al-Hajj ayat 78 yang artinya: "Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telas memilih kamu dan dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam suatu agama kesempitan. Ikutilah agama orang tuamu Ibrahim dia telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu. Dan begitu pua dalam Al-Qur'an ini supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan segenap manusia, maka dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan berpegang teguhlahkamu pada tali Allah Dia adaah pelindungmu maka Dialah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong." Dari kedua ayat diatas sangatlah jelas sekali, bahwa apabila kita melakukan segala sesuatu dalam bentuk apapun terutama menolong agama Allah harus dengan jihad yang sebenar-benarnya. Kalimat jihad yang sebenar-benarnya disini melaksanakan kegiatan atau usaha di jalan Allah dengan semaksimalnya, sekuat tenaga bahkan merelakan segala-galanya supaya dapat mencapai keridhaan Allah, sehngga apa yag telah ilaksanakan dapat tercapai. Allah maha mengetahui segalanya.

Sudah pasti setiap manusia itu memiliki harapan/keinginan, contohnya ada suatu harapan setelah menjadi orang kaya akan rajin bersodaqoh dengan cara menekuni pekerjaan. Maka dalam keinginan dan niat yang mantab dari dalam hati kemudian bersungguh-sungguh melaksanakan apa yang telah diinginkan, maka Allah akan benbantunya. Jika memiliki harapan hanya dengan berdoa tidak ada usaha sama sekali, maka Allah juga tidak akan membantunya. Contoh tersebut adalah keinginan kehidupan di dalam dunia, tentu saja tidak berbeda jauh dengan pencapaian untuk menuju ke akhirat. Untuk menjadi hamba Allah yang sesungguhnya, tentu harus bersungguh-sungguh menjalankan apa yang telah diperintah Allah dan apa yang telah dilarang Allah. Selain itu dalam menjalani kehidupan segala apa yang diharapkan dalam tujuan untuk penghambaan dii kepada Allah hendaklah dengan mengharapkn ridha Allah semata. Sebagai contoh akan menjadi pedagang, maka jadilah pendagang yang di Ridhai Allah. Dalam firma Allah surat Asy-Syura ayat 20 yang artinya: "Barang siapa yang menghendaki keuntungan di hari Akhirat akan kami tambahkan keuntungan itu baginya dan barang siapa menghendaki keuntungan didunia Kami beri sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada banginya suatu bagianpun di akhirat."

Maka bagi setiap orang yang berjihad untuk mencapai keridahaan Allah, maka Allahpun akan melimpahkan keuntungan yang baik di dunia maupun di akhirat . Tetapi jika sebaliknya, hanya mencari keuntungan dunia, maka Allah tidak memberi sedikitpu keuntungan di akhirat.

Mujahadah sangatlah penting dalam setiap langkahnya, karena dengan mujahadah yang sesungguhnya, maka Allah akan menunjukkan jalan kemudahan untuk mencapai tujuan. Allah berfrman dalam surat At-Taubah ayat 16 yang artinya: "Apakah kamu mengiraa bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), sedang Allah belum mengetahui ( dalam kenyataan) orang-orang yang berjihad diantara kamu dan tidak mengambil menjadi teman yang setia selain Allah, Rasul-Nyadan orang-orang yang beriman. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dari surat Ali-Imran ayat 142 yang artinya: "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padalah belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu belum nyata orang-orang yang sabar ." Ayat tersebut menyatakan bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan ahmbanya yang teah berjihad di jalanya sehingga menjadi orang-orang yang beriman dan memperoleh kebahagiaan di surga. Allah maha mengetahui hambanya yang bersungguh sungguh beriman di jalanya.

Sedangkan bagi orang yang tidak ada sama sekali kesungguhan untunk mencapai sesuatu/jalan Allah cuma bersantai-santai tidak ada harapan untuk masuk surga, hanya mengetahui hidup cuma sekali tidak ada hidup lagi sesudah mati. Tentunya Allah tidak akan membantu rang-orang yang bermalas-malasan.

Read more about Mujahadah Adalah Kunci Keberhasilan



Related read :

KUNCI SURGA
Setiap muslim tentu menginginkan untuk masuk ke dalam surga dan selamat dari api neraka, untuk itu marilah kita memperhatikan sabda Nabi shallallahualaihi wa sallam berikut ini, Barangsiapa
Karyawan yang Bahagia adalah
Karyawan adalah aset, tepatnya Intangible Asset.  Karena Motivasi, Emosi serta lainnya sangat berfluktuasi bagai harga saham di pasar bursa.  Karyawan yang Bahagia tidak hanya menjadi
Kebahagiaan Adalah Sebuah Keputusan
Foto oleh PensieroPada kesempatan kali ini, saya akan membahas topik tentang kebahagiaan. Saya akan mencoba mensharingkan pemikiran-pemikiran saya tentang kebahagiaan kepada para pembaca sekalian.
Visi dan Misi Adalah
Visi dan Misi Adalah - Berikut ini makalah Visi dan Misi. Dimana judul artikelnya Visi dan Misi Adalah.Visi dan Misi PerusahaanA. Pengertian Visi PerusahaanAda beberapa pendapat mengenai pengertian