advertise with ongsono.com
 

Ketika Putus Asa, Tolonglah Orang Lain

Posted on Friday, 14 July 2017


Kita semua ingin menjadi orang yang sukses, tetapi sukses itu tidak akan datang secara langsung/mudah. Jika segala sesuatu lancar terus tidak ada usaha, hambatan, dan rintangan itu namanya tidak sukses. Sukses itu diawali dengan usaha, hambatan, dan rintangan.

Untuk menjadi orang yang sukses banyak tantangan yang harus kita hadapi, lebih-lebih jika kita mengalami kegagalan besar, sedangkan kegagalan dapat menyebabkan putus asa. Perasaan ini sring menetukan pada keputusan untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Berusaha terus, atau malas meanjutkan karena gagal. Kita semua tidak dapat menghindari kegagalan, tetapi jika menghindari dari putus asa itu mungkin.

Sering kali kegagalan itu datang dari luar diri kita, yakni sebuah kenyataan kita tidak berhasil untuk mencapai target yang kita tentukan selama ini. Berbeda dengan putus asa. Ini merupakan sesuatu yang timbul dari dalam diri kita. Oleh sebab itu kita harus dapat mengendalikannya supaya dapat mencapai kebrhasilan.

Di dalam diri kita terdapat benih-benih putus asa. Hal itu membuat kita menjadi tidak mau berusaha jika gagal dalam misi. Apakah perasaan putus asa haru kita pelihara terus-menerus sampai akhir hayat..?, jika "YA", maka hal itu dapat menjadikan diri kita menjadi seorang pemalas.

Salah satu penyebab utama munculnya putus asa disebabkan kita terlalu memikirkan diri kita sendiri. Jika kita hanya memeikirkan diri sendiri, dan menilai segala sesuatu berdasarkan untung dan ruginya, maka secara tidak sadar kita mengumpulkan rasa putus asa sedikit demi sedikit.

Banyak banyak penasihat ulung yang menganjurkan pada orang-orang yang telah putus asa atau mengalami depresi untuk meluaskan pergaulan, kemudain mereka disarankan untuk menolong orang lain. Dengan cara ini, maka orang-orang yang putus asa sedikit demi sedikit akan mulai memikirkan orang lain, dan tidak lagi memikirkan diri sendiri yang hanya mengarah pada untung dan rugi saja. Rasa putus asa akan semakin berkurang sedikit demi sedikit diiringi dengan kebiasaan untuk memikirkan diri sendiri saja. Jika ita termasuk orang yang mudah dengan putus asa, cobalah utnuk meluangkan waktu kita untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Hal itu dapat membatu diri kita dan orang lain yang kita tolong.

Hal lain yang dapat membuat kita putus asa adalah kehilangan suatu peluang. Wjar saja jika begitu, karena jika kita kehilangan peluang, maka kita juga kehilangan harapan yang diinginkan. Dampak kehilangan harapan yang ditunggu-tunggu membuat kita juga menjadi putus asa dan kesal. Disayangkan, peluangan itu barulah bisa kelihatan lebih jelas justru pada saat ia sudah menghilangkan dari gengaman kita.

Dengan kata lain, sementara peluang yang sudah hilang sangat mudah terlihat, peluang yang belum datang justru sangat sulit diantisipasi. Coba bayangkan saja, kita dapat dengan mudah melihat peluang yang sudah hilang, sedangkan peluang yang akan datang tidak bisa kita lihat. Bagaiman tidak putu asa....???

Janganlah berkecil hati , kerena peluang usaha akan selalu ada 'Insaya Allah' walaupun belum terlihat, pasti Allah yang akan membantu kita. Hal-hal lain yang dapat membatu kita juga untuk mengatasi rasa putus asa adalah:

1. Cintai Apa yang Telah Kita Lakukan

Apapun profesi atau pekerjaan kita, lakukanlah itu dengan iklas, sabar, dan mencintainya. Bila kita dapat mencapai tujuan atas usaha yang kita lakukan, tidak mungkin ada kata payah, kesal, malas. Lakukan sebisa mungkin supaya dapat memperoleh hasil yang baik.

2. Memupuk Rasa Optimis

Jika kita selalu optimis, maka kita tidak perlu untuk kecewa karena tidak ada peluang, pasti hari yang akan datang ada peluang. Dengan belajar mengantisipasi datangnya sebuah peluang , maka kita sudah dapat memprediksi kapan adanya suatu peluang yang datang. Keberhasilan tidak akan datang begitu saja. Kebrhasilan harus diawali kerja keras dan semangant yang tinggi dan tidak cepat putus asa.

3. Hindari Berfikkir Negatif

Menjauhi pikiran negatif merupakan hal yang harus kita jalani supaya kita dapat fokus pada profesi yang kita lakukan. Segera beralihlah pada pikiran positif. Usaha yang kita lakukan dapat berhasil jika tidak diiringi dengan pikiran negatif. Pikiran negatif hanya membawa kita menuju nafsu yang dapat mencelakakan.

Berdasarkan artikel diatas, kesimpulan singkat yang dapat kami simpulkan addalah "Janganlah menjadi seseorang yang mudah putus asa yang berujung tidak memiliki harapan sama sekali. Luangkan waktu dengan baik untuk berbuat hal yang positif.

Read more about Ketika Putus Asa, Tolonglah Orang Lain



Related read :

7 Orang Ini Rela Mengorbankan Nyawa Demi Hidup Orang Lain
Pengorbanan terbesar dalam hidup adalah mengorbankan nyawa demi keselamatan orang lain. Pasti tak banyak orang yang mau mengambil resiko seperti ini. Dalam kehidupan nyata, 7 di antaranya tersaji di
14 Ciri Orang yang Akan Berumur Panjang
Setiap orang selalu berharap bisa memiliki usia panjang yang sehat. Apakah Anda memiliki tanda-tanda umur panjang? Lihat 14 tanda berikut yang menunjukkan seseorang bisa berusia panjang.
24 Foto Tingkahlaku Orang - Orang Lucu
mobilnya kehabisan bensin nie, tapi kog minuman kaleng yang jadi bahan bakarnya yahh? hahahhahaamungkin saja ya bahan bakar mobilnya adalah minuman kaleng.. dijual di mana tue mobill?jaman sekarang
Alasan kenapa orang mencintaimu
1. Orang yang mencintai kamu tidak pernah bisa memberikan alasan kenapa ia mencintai kamu, yang ia tahu dimatanya hanya ada kamu satu-satunya.2. Orang yang mencintai kamu selalu menerima kamu apa