advertise with ongsono.com
 

DOSA

Posted on Monday, 27 August 2012


Manusia memang tak pernah lepas dari yang namanya dosa,entah itu dosa kecil ataupun juga dosa besar.Dalam bahasa jawa kata "manusia" disebut sebagai "menungso" yang artinya "menus-menus kakean doso" yang dalam arti bahasa indonesianya yaitu "kecil-kecil yang banyak dosa"
Manusia dilahirkan mempunyai akal,pikiran dan juga nafsu.Barang siapa bisa mengendalikan akal,pikiran dan nafsu tersebut berarti dijauhkanlah dirinya dari pada api neraka.
Terkadang kita selalu lupa akan semua doa kita,semua perbuatan khilaf yang pernah kita lakukan,dan berjanji untuk tidak akan mengulangi lagi,tapi terkadang kita selalu ingkar akan janji itu.Kita selalu kalah sama bisikan iblis yang selalu menyuruh kita untuk menuruti kemauannya dan akhirnya hanyalah penyesalan yang akan selalu kita alami. Dosa memang kadang tak pernah kita sadari,spontan akan semua itu.Membicarakan jeleknya orang adalah dosa kecil yang sudah merakyat dan itu berlaku secara spontan di dalam pergaulan,memang dunia ini sepi tanpa ngrumpi.
Tuhan memang akan mengampuni dosa-dosa umatnya yang memohon kepadanya,menangis semenit karena dosa lebih berarti dari pada menangis seharian hanya karena putus cinta.Kita juga tidak boleh terlalu memikirkan dosa kita,karena semua itu tiada gunanya tanpa kita memperbaiki kesalahan kita.
Hidup memang kadang selalu terpuruk akan keadaan dan terkadang keadaan itu membuat kita selalu nekad untuk berbuat sesuatu yang dilarang oleh agama.Pesan saya"Tetap jalani hidup alakadarnya,lakukanlah apa yang terbaik buat kita dan benar di dalam ajaran agama",dan ini ada beberapa kumpulan hadist yang bisa untuk di baca dan dipelajari untuk menambah pengetahuan dan iman kita,file ini dalam bentuk file.pdf yang bisa Anda download free dibawah ini.
dosa2-yg-dianggap-biasa.pdf
Hadist_2.pdf
Hadist_3.pdf

Read more about DOSA
People come to this page is interested on : Dapatkah Manusia Lepas dari Dosa



Related read :

PUISI TAK ADA NODA HANYA DOSA by April
TAK ADA NODA HANYA DOSA by April_ Salam jumpa April (nama orang) juga pembaca Puisina, lanjut buka emailnya,, terbitkan lagi puisinya.. Puisi renungan sangat pas untuk bulan sya'ban untuk bekal
Dosa Besar Dan Dosa Kecil
Ada dua orang mengunjungi hamba Tuhan yang bijak dan meminta nasihatNya. "Kami telah melakukan suatu dosa," kata mereka "dan suara hati kami terganggu. Apa yang harus kami lakukan?"