advertise with ongsono.com
 

Puasa : Sebuah Bukti Signifikan Keimanan

Posted on Thursday, 15 June 2017


Sering kita bertanya-tanya, sampai etinggi mana iman kita kepada Yang Maha Esa (Allah Swt). Salah satu cara untuk mengukur tingkat keimanan dalam hati kita adalah dengan melihat sebagus apa ibadah bulan puasa kita saat bulan Ramadhan.

Puasa dapt mengukur derajad iman kita sendiri. Puasa sebagai cermin setebal apakah iman di dalam hati kita. Alah Swt. menegaskan, "Puasa itu untukku" dengan demikian amal ibadah puasa itu pahalanya dari Allah. Ibadah puasa adalah bukti ketaqwaan seorang hamba dalam menjalankan perintah dan larangannya. Puasa sebagai tanda berserah diri seorang hamba kepad Allah, karena dengan suka rel dan enang hati merelakana dirirnya tidak makan dan minum seharian untuk tuhannya terlepas dari hkmah dan manfaat yang didapat seseorang ketika berpuasa.

"Puasa itu untukku", itu bermaksud bahwa yang berhak menilai amalan ibadah adalah Allah Swt. Tuahan yang maha mengetahui segala perbuatan manusia pada hari itu. Apakah puasanya benar-benar utuh, benar-benar jujur, ia tetap memegang teguh pantangan yang membatakan puasa. Demikianlah kita akan dapat mengukur sampai dimana keimanana kita di saat menjaga amalan puaa tetap utuh walaupun tidak ada orang lain yang menegur dan mengingatkan saat sengaja membatalkan puasa karena makan atau minum.

Mnunaikan ibadah secara optimal berarti telah bersungguh-sungguh semaksimalnya menjalankan perintah Allah Swt. Caranya dengan melaksanakan syariah yang dituntunkan. Dimulai dari niat awal bersahur sampai berbuka puasa. Sesuai yang disunnahkan oleh nabi Saw hendaknya mengakhirkan makan sayur dan menyegerakan berbuka.

Alamlan lain utuk memperkuat puasa di bulan ramdhan adalah dengan sholat tarawih. Pada saat sjolat tarawih keimanan seorang hamba akan diuji, benarkah dia telah mendirikan sholat tarawih dengan benar, niat tuus ikhlas karena Allah bukan karena ria' / pamer, atau malu jika dikatakan tidak taat karena sholat tarawih. Apakah rekaat sholat tarawih sudah di tempuh dengan benar yang telah di tuntunkan dan tidak dikurangi jmlah rekaatnya dengan alasan kesal. Saat sholat tarawih iman kita akan diuji oleh Allah Swt.

Untuk membina dan melestarikan keimanan dalam diri kir=ta banyak cara yang dapat ditempuh, dianatranya dengan mendekatkan diri kepada Allah ddengan cara memperbanyaka malan ibadah sunnah, berdoa dan dzikir kepada Allah, mwngikuti kajin ilmu agama islam, dan bergaul dengan seorang muslim.

Setelah melakukan amalan fadhu yang wajib hukumya, untuk melengkapi dan menambah tabungan pahala,. Masalah ibadah kalau mampu berbuat lebih baik, mengapa tidak.? Caranya dengan menambah amalan ibadah sunnah, sholat sunnah, puasa sunnah 6 hari dibulan syawal dan masih banyak lagi hal yang kita lakukan. Orang yang terbiasa melakukan amalan sunnah asti amalan wajibnya sudah terjaga dengan baik.

Demi melestarikan iman dalam hati kit agar tetap terjaga dari pengikisan atau pelunturan islam, maka setiap ada memupuknya lagi agar tubuh subur layaknya tanaman yang butuh nutrisi, bagai bunga yang hampir layu yang butuh air seperti sejuknya siraman rohani yang menyejukkan hati. Semakin sring ikut mengaji semakain banyak ilmu agama yang kita dapat, semakin banyak kesempatan memperbanyak kebaikan, maka semakin banyak pula iman kita bertambah, kepercaayaan kepad janji Allah terhadap hsmbsnys ysng bertaqwa berupa Surga yang uasnya seluas langit dan bumi.

Namun, tidak mudah melakukan amal ibadah jika di dekatnya adalah orang-orang yang menjauh dari ajaran tauhid. Oleh karena itu sangat penting untuk banyak bergaul dan berkumpul dengan orang-orang yang sholeh.

Tidak lupa sebagai umat Islam yang tidak terlepas dari peran penciptanya sang Rabb Tuhan seluruh alam, kita perlu selau menanjatkan doa kepada Allah sebagiai tanda seorang hamba yang tidak seharusnya sombong dengan kelemahan yang dimiliknya. Orang berdoa tandanya dia butuh kepada Allah. Maka marilah kita bersyukur atas rahman Allah Swt yang telah dia berikan kepada kita.

Read more about Puasa : Sebuah Bukti Signifikan Keimanan



Related read :

Bukti Bahwa Cristiano Ronaldo Membela Islam
Cristiano Ronaldo (CR7) lahir di Madeira, Portugal, anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan Josť Dinis Aveiro. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan,
Bukti Withdraw Saya yang Pertama Profitclicking
Bukti Withdraw Saya yang Pertama Profitclicking, setelah sekian lama jadi pengojek online di profitclicking, sudah sejak 5 bulan yang lalu dimana Profitclicking masih bernama Justbeenpaid dan tepat
Cara Menyembunyikan File/Data Dalam Sebuah File Gambar (Private File)
keywords : tutorial cara untuk menyembunyikan file/data kedalam sebuah file gambar terbaru 2013 secret file, cara membuat file pribadi Cara Menyembunyikan File/Data Dalam Sebuah
Resep Cara Membuat Puding Roll Pandan Kelapa Muda Menu Buka Puasa
Tampilan dari puding roll pandan ini memang sangat cantik dan sangat menarik untuk dicoba dirumah. Apalagi jika anda menyajikannya kepada keluarga tercinta dan juga kepada orang-orang terdekat