advertise with ongsono.com
 

Tips Aman Belanja Online

Posted on Monday, 28 March 2016


1. Perhatikan bahwa Situs Toko Online menggunakan SSL
Jika Penjual memiliki Toko Online, sebaiknya cek poin berikut. Sebelum Anda memulai melihat, memilah barang, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu situs tersebut sebelum nantinya Anda tidak akan menyesal terkena penipuan. Hal ini bisa dilakukan apakah Situs Toko Online tersebut memiliki sertifikat TSL (Transport Layer Security)/SSL  (Secure Sockets Layer) atau tidak? Harap perhatikan bidang gambar ini secara baik-baik.

2. Catat Kontak dan Hubungi
Hal ini merupakan menjadi bagian yang sangat penting untuk melakukan transaksi maupun hanya sekadar berkomunikasi. Catat kontak penting seperti :
Email
Nomor telepon
Nomor HP
Alamat
BBM (jika ada)
Instagram (jika ada)
dan kontak yang lain
Hal ini sangat penting apakah si penjual masih memperjualbelikan barangnya atau mungkin sudah tidak aktif. Rugi apabila Anda sudah mentransfer uang sekian ke rekening sebanyak sekian rupiah, namun ternyata stok habis atau bahkan penjual sudah tidak mengurus toko online itu.

3. Catat setiap Percakapan dan Simpan bukti transaksi
Setiap Anda memulai percakapan dan menginginkan barang tersebut, alangkah baiknya untuk mencatat percakapan. Anda bisa menggunakan metode screenshot yang bisa digunakan pada ponsel Android maupun Laptop bisa melakukan screenshot pada percakapan yang tengah Anda jalankan.

Hal ini sangat bagus, karena kejahatan bisa timbul kapan saja bukan karena niat, melainkan karena kesempatan. Maka, jika Anda tertipu, Anda bisa melaporkan bukti-bukti itu kepada pihak yang berwenang.

4. Gunakan Mesin Pencari
Selain Anda mengamati faktor dari dalam, Anda juga harus cerdas untuk mengamati faktor luarnya dengan menggunakan Mesin Pencari, seperti Google.
Anda bisa mengetikkannya dengan kata kunci seperti : Toko ini menipu, Nama ini menipu, Toko ini terpercaya
Catatan! Ganti kata "ini" dengan toko atau nama penjualnya

Atau Anda bisa gunakan dengan lebih bijak. Seperti dengan mengetikkan nomor ponsel penjual di Google, dan lihat apa yang muncul. Jika ada beberapa konten penelusuran muncul, silakan klik dan amati apakah penjual tersebut menipu atau bisa dipercaya.

5. Tanyakan di Sosial Media/Forum/Teman Anda
Jika ada teman yang sudah pernah berbelanja dengan toko online yang sama dengan yang akan Anda beli, sebaiknya bertanyalah kepada teman apakah itu aman atau ternyata hanya penipuan.

Untuk lebih aman dan menambah pengalaman Anda, bisa tanyakan kepada forum maupun Sosial Media karena tentu akan ada banyak yang merespon. Sehingga jika sudah ada kerabat kita yang tertipu membeli barang di penjual tersebut, maka kita tidak perlu bersusah payah membelinya karena sudah jelas penjual itu asli penipu.

6. Lihat harga!
Terkadang orang yang 'gila' berbelanja online tidak memandang harga demi kebutuhan mereka. Padahal kebiasaan ini bukan hal yang efektif, melainkan akan menjadi boomerang bagi mereka sendiri.

Misal saja :
Baju dengan model HV di Toko Online Terpercaya, dijual seharga Rp. 255.000,-
Baju dengan model HV di Penjual/Toko Online belum pasti, dijual dengan harga Rp. 190.000,-

Nah hal tersebut yang wajib Anda curigai. Semakin murah dari harga yang sesungguhnya, maka akan semakin besar pula penipuannya.
Read more about Tips Aman Belanja Online



Related read :

Tips Belanja Online Di Bulan Ramadhan Sale Diskon hingga 70% - 80%
Memasuki Bulan Ramdhan dan Lebaran banyak diskon besar-besaran baik Diskon Hotel, Harga Tiket, Harga Blackberry, Harga Samsung, diskon harga Fashion,Peralatan rumah tangga.  Untuk  anda
Tips Belanja Online
Info Penting |TIPS BERBELANJA ONLINETrimakasih sudah mampir ke 'web kami !!!Sekarang ini bisnis Online Shop sudah menjamur dan mereka yang coba-coba pun banyak sekali.Anda harus lebih teliti lagi
Tips Jual Beli Online Aman
TipsMembangun Bisnis Perpustakaan Online. selengkapnya ... Jual BeliEkiosku.com jual beli online aman menyenangkan. selengkapnya ... Online Aman - CaraCara mudah mendapatkan alexa rank.
Cara Membuat Situs Phising Dan Tips Aman Menghindari Phising
Cara Membuat Situs Phising Dan Tips Aman Menghindari Phising - Phising, berasal dari kata fishing. Yap, artinya memancing. Penjelasannya begini, phising akan mengarahkan korban ke sebuah halaman